08118480845 info@kosmetikku.net
Kefir

Kefir

Sebagai Masker untuk Perawatan Kecantikan

Ada banyak produk olahan susu terfermentasi, seperti yogurt dan kefir, keduanya memiliki kesamaan, seperti rasanya creamy dan rasanya agak masam. Tetapi meskipun tekstur dan rasanya tidak jauh berbeda, tetapi penggunaannya cukup berbeda.

Pembuatannya sendiri sedikit berbeda, kalau yoghurt sendiri yaitu memfermentasikan susu dengan bantuan bakteri lactobacillus bulgaricus. Sementara pembuatannya berasal dari susu kental. Fermentasinya terbantu oleh bakteri asam laktat dan ragi.

Karena proses fermentasi tersebut, produk olahan susu ini memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Probiotik ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme serta mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu juga mampu memperkuat tulang agar tidak keropos.

Kefir Sebagai Masker untuk Perawatan Kecantikan

Produk olahan fermentasi ini ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, tetapi juga memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Berikut beberapa manfaat menggunakan maskernya.

1.      Sebagai Anti Bakteri dan Fungi

Probiotik yang terkandung dalam fermentasi tersebut memiliki kemampuan untuk mengalahkan bakteri – bakteri jahat. Bakteri tersebut biasanya menutup pori – pori wajah, sehingga menyebabkan beberapa masalah serius misalnya berminyak atau kusam.

Sifat asamnya juga merupakan sebuah keunggulan dari masker ini, karena bakteri dan jamur kulit sulit berkembang pada kondisi asam. Karenanya kulit apabila merawatnya menggunakan masker secara berkala bisa terlihat lebih bersih.

2.      Mampu Membantu Eksfoliasi

Sel kulit akan mati dan meluruh setiap 30 hari sekali, untuk membantu proses peluruhannya, perlu zat khusus. Olahan fermentasi susu dengan probiotik memiliki jenis asam AHA, sehingga bisa membantu kulit mati meluruh.

3.      Mempercepat Rejuvenasi Kulit

Apabila jaringan kulit rusak atau luka, biasanya akan memerlukan waktu cukup lama agar pulih kembali. Kandungan protein tinggi dalam masker ini, membuat kulit semakin cepat beregenerasi. Terlebih kandungan asam dan polisakaridanya, semakin mempercepat penyembuhan lukanya.

4.      Membuat Kulit Lebih Halus

Semakin tinggi kadarnya, semakin halus kulitnya, penelitian membuktikan konsentrasi 2% bisa membuat kulitnya lebih halus sekitar 15%. Ketika konsentrasinya stabil atau tinggi, ternyata tingkat kehalusannya juga bertambah. Ini bisa menjadi solusi bagi perawatan Anda.

5.      Mencegah Terjadinya Kerutan

Kerutan terjadi karena kondisi kelenturan kulitnya mulai berkurang, salah satunya produksi kolagen sudah mulai menurun. Ketika ingin mencegahnya, perlu meningkatkan kembali produksi kolagennya, salah satunya adalah memanfaatkan masker ini.

Cara Membuat Masker Kefir Murah dan Sederhana

Sebenarnya ada banyak sekali yang telah menyediakan produk maskernya, tetapi tidak ada salahnya membuatnya sendiri. Karena selain menghemat juga tidak memerlukan langkah sulit dalam prosesnya, hanya harus bersabar saja.

Pertama persiapkan bahannya terlebih dahulu, mulai dari susunya (bisa menggunakan susu kambing atau sapi, bergantung selera), hingga bibitnya. Setelah itu siapkan perlengkapan tambahan, seperti toples untuk fermentasi dan alat pengaduknya.

Ketika seluruh bahan dan alatnya siap, campurlah susu dengan bahan ini, harus aduk hingga merata. Pencampuran ini berfungsi untuk mempercepat serta mempermudah proses fermentasinya. Sehingga menghasilkan produk berkualitas.

Proses fermentasinya sendiri memakan waktu selama 2 hari, caranya adalah dengan memasukkan campuran susunya tadi ke dalam toples tertutup. Simpan juga pada tempat yang gelap, sehingga proses fermentasinya bisa berjalan secara maksimal.

Setelah prosesnya selesai, terdapat dua jenis hasil, curd dan whey. Bagian curd (yang kental) ini bisa menggunakannya sebagai masker. Penggunaannya tidak jauh berbeda seperti masker lainnya hanya oles saja, ditunggu beberapa menit, kemudian bersihkan kembali.

Susu memiliki beragam bentuk olahan, mulai dari keju, yogurt, dan produk fermentasi. Kegunaannya juga beragam, mulai mengkonsumsi secara langsung, sebagai topping, atau untuk perawatan kecantikan. Salah satunya adalah Kefir yang mengandung probiotik tinggi.

Baca juga : SKUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-8480-845 Eric Kurnia Abdillah M.Farm 

Email : info@kosmetikku.net