08118480845 info@kosmetikku.net
Kojic Acid

Kojic Acid

Pengertian 

Produk pemutih wajah yang kian populer saat ini adalah kosmetik berbahan kojic acid. Bahan ini sendiri merupakan senyawa asam hasil dari proses fermentasi berbagai produk. Utamanya yang menggunakan Aspesgillus sebagai media fermentasinya.

Penamaannya sendiri berasal dari istilah jepang, yaitu Koji yang memiliki arti sebagai “Nasi Putih”. Karena secara sejarahnya tidak sengaja menemukannya ketika meletakkan Aspergillus pada nasi putih. Asam yang dihasilkan ternyata memiliki beberapa manfaat.

Tetapi manfaat utamanya adalah mencerahkan kulit dengan cara mengurangi produksi melanin. Melanin ini yang berperan untuk memberikan warna gelap pada kulit, terkadang menyebabkan warna kulitnya terlihat belang atau kurang merata.

Bagaimana Tingkat Keamanan Penggunaan Kojic Acid Sebagai Bahan Kosmetik?

Pertanyaan pertama sebelum menggunakan beragam produk kosmetik tentunya adalah mengenai tingkat keamanannya. Mengingat risikonya adalah kerusakan dan iritasi pada kulit yang cenderung sensitif. Karenanya SCCP memutuskan bahwa kandungannya tidak lebih dari 1% saja.

Meskipun konsentrasinya hanya satu persen saja, ternyata asam ini terdeteksi pada plasma darah. Hal ini merupakan tanda bahwa adanya penyerapan zat ini ke dalam tubuh manusia. meskipun demikian, belum ditemukan efek negatifnya, malah berikut efek positifnya.

1.      Potensi Hiperpigmentasi Mulai Berkurang

Hiperpigmentasi terjadi karena adanya paparan tinggi dari sinar matahari, biasanya juga terjadi karena kurang tertutup secara merata. Efeknya adalah munculnya beberapa bintik gelap pada kulit, sehingga tidak terlihat cerah merata.

Sebenarnya bintik – bintik tersebut merupakan respons dari tubuh untuk mengurangi efek dari terbakarnya kulit karena terkena sinar matahari. Tetapi karena kurang merata dan membuat gelap, cenderung mengganggu penampilan.

Menggunakan zat asam kojic menjadi salah satu alternatif penanganannya. Penggunaannya secara teratur bisa mengurangi potensi munculnya bintik – bintik tersebut, bahkan secara perlahan akan memberikan efek kulit cerah.

2.      Bersifat Antibakteri dan Anti Jamur

Orang yang menggunakan produk berbahan asam kojic ini ternyata memiliki resistensi terhadap jamur, terlebih ketika menggunakannya secara teratur. Hal ini menunjukkan bahwa zatnya memiliki sifat anti jamur. Sehingga mengurangi potensi infeksi dari jamur.

Selain itu juga memiliki kemampuan membunuh bakteri, meskipun tidak terlalu kuat, tetapi cukup untuk melindungi kulit Anda. Sehingga kulitnya akan terlihat lebih segar dan sehat.

Pertimbangan Sebelum Menggunakan Kojic Acid untuk Perawatan Kulit

Memang memiliki kulit cerah menjadi dambaan setiap orang, terlebih saat ini penampilan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Namun apakah harus menggunakan asam kojic ini sebagai solusinya, cobalah perhatikan beberapa hal berikut.

1.      Efek Samping Terhadap Kulit

Meskipun dalam konsentrasi rendah tidak menyebabkan adanya permasalahan tertentu, tetapi dalam beberapa kasus kecil terdapat efek sampingnya. Hal ini terjadi karena adanya reaksi beberapa jenis zat pada berbagai bentuk produk, seperti krim, gel, atau serum.

2.      Kondisi Kulit Anda

Pastikan Anda tidak memiliki jenis kulit sensitif, karena bisa memberikan beberapa permasalahan. Pertama terhambatnya produksi melanin berarti membuat kulit sedikit lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari.

Kedua kemungkinan muncul berbagai kendala atau keluhan terhadap kondisi kulitnya. Misalkan muncul ruam, gatal, atau bahkan ada kerusakan di beberapa bagian. Cobalah konsultasi ke dokter untuk melihat tipe atau jenis kulitnya.

3.      Anjuran Dokter

Dokter lebih mengenal dan berpengetahuan mengenai kondisi kulit dan cara penanganannya. Sehingga pastikan berkonsultasi terhadap dokter apabila ragu ketika hendak menggunakan produknya. Dengan demikian dapat mengurangi potensi efek negatifnya.

Pemilihan bahan kosmetik tentunya penting, karena tidak hanya ingin tampil cantik dalam jangka pendek saja. salah satu produk kecantikan dengan kemampuan memutihkan banyak yang mencarinya. Salah satunya mengandung zat kojic acid.

 

Baca juga : SKUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-8480-845 Eric Kurnia Abdillah M.Farm 

Email : info@kosmetikku.net